Header Ads

Tangani Siswa Bermasalah, Kepsek SMAN 1 Monta Turun Tangan



Kepala SMAN 1 Monta Muhammad Nur, S.Pd saat memberikan pembinaan terhadap siswa yang  bermsalah

Bima, jerat.co.id – Bukannya tidak mempercayakan kepada para guru dan wakasek untuk mengani siswa yang bermasalah, namun untuk urusan yang satu ini Muhammad Nur, S.Pd merasa penting untuk langsung menangani sendiri.

Demikian pengakuan salah satu wakasek setempat, “Para siswa ini termasuk dalam daftar siswa bermasalah, seperti jarang masuk kelas dan tidak hadir ke sekolah,” ungkap Fahmi Hatib, M.Pd

Para siswa bermasalah ini dihadapkan ke ruang kepala sekolah untuk mendapatkan wejangan sekaligus peringatan, “Cara ini cukup ampuh, sebab beberapa siswa sebelumnya yang pernah dipanggil menunjukkan kemajuan yang positif,” imbuhnya senin siang.

Di tempat terpisah, kepala SMAN 1 Monta Muhammad Nur, S.Pd mengatakan, “Sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kepala sekolah untuk membawa perubahan positif bagi lingkungan sekolah, termasuk hal ini merupakan sesuatu hal yang wajib mendapat penanganan segera, dan saya wajib turun tangan,” tegasnya.

Pria yang dikenal santun ini berpendapat bahwa untuk merubah perilaku urakan pada siswa membutuhkan perhatian khusus, “Dan salah satu caranya adala dengan mengenali karakter diri lengkap dengan problem yang dialami siswa, seperti menggali penyebab malas dan enggan mengikuti pada jam pelajaran tertentu,” ucapnya.

“Karena dapat diprediksi, cikal bakal terjadinya kenakalan remaja seperti tawuran pelajar dan lainnya berawal dari antipati kita terhadap perilaku siswa,” lanjutnya.

95 porsen siswa bermasalah ini adalah siswa laki-laki, “Tidak heran, persoalan yang terjadi selama ini didominasi pelajar laki-laki sebagai pelakunya,” tutup M Nur.

[Jr.1]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.