Header Ads

Jelang Masa Kampanye, Panwaslu Monta Ingatkan ASN Tidak Terlibat Politik Praktis

Safullah, SH Ketua Panwaslu Kecamatan Monta


Bima, jerat.co.id – Rencana jadwal kampanye Pileg dan Pilpres tanggal 23 september mendatang, panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) Kecamatan Monta mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak terlibat dalam politik praktis.

Hal itu disampaikan Saifullah, SH Ketua Panwaslu Kecamatan Monta di kantor Jerat pada Rabu (19/9). Berkaca pada pemilu sebelumnya, tidak sedikit pelanggaran yang dilakukan oleh ASN, baik terlibat langsung sebagai peserta kampanye maupun pelanggaran lainnya.

“Untuk itu, jauh hari kami ingatkan agar ASN tetap menjaga netralitasnya, sebab kali ini panwas serius menegakkan aturan yang berlaku yakni pasal 280 UU nomor 7 tahun 2017, yang didalamnya ditegaskan bahwa ASN dilarang berfoto, berperan aktif hingga sebagai peserta kampanye. Dengan ketentuan sanksinya sesuai pasal 494 UU yang sama yakni kurungan selama satu tahun dan denda 12 juta rupiah,” terangnya.

Pihak Panswas dalam hal ini akan terus memantau setiap aktifitas ASN yang ada di wilayah Monta, “Karena selain tugas dan tanggungjawab lain yang kami lakukan juga terfokus pada ASN, ini juga demi menjaga Pemilu agar terlaksana dengan sukses dan aman,” tegas pria muda ini.

Saiful juga menegaskan, pihaknya tidak bekerja sendiri dalam mensukseskan Pemilu di wilayah ini, “Karena kami tetap menerima aspirasi, pengaduan dan laporan seluruh komponen masyarakat atas setiap kejadian pelanggaran Pemilu,” tutupnya.

[jr.01]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.