Header Ads

Pemdes Sie Sosialisasi Anggaran Melalui Baliho


Baliho depan kantor desa

Bima, jerat.co.id – Untuk mewujudkan transparansi tata kelola anggaran APBDes 2018, pemerintah desa Sie kecamatan Monta memasang baliho berukuran 3x4 berisi seputar alokasi APBDes.

Pada baliho tersebut terpampang secara rinci setiap item anggaran yang akan dibelanjakan sehingga seluruh masyarakat dapat melihat langsung sebagai bentuk pengawasan.

Rincian alokasi APBDes juga meliputi berbagai bidang pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan dana tak terduga.

Disebutkan dalam baliho, total anggaran belanja mencapai Rp 1.277.931.775.

Kepala Desa sie Aman Munir, S.Sos Jum'at (03/08) mengatakan, “Hal ini dilakukan supaya masyarakat tahu rincian APBDes, baik peruntukan maupun pengelolaan untuk apa,” paparnya

Dijelaskan, bahwa pemasangan baliho ini adalah salah satu wujud dari transpalasi aggaran dana desa dan juga merupakan salah satu amanat yang di tuangkan dalam Undang-Undang desa, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan dana desa.

Dia menambahkan selain sosialisasi secara lisan lewat papan informasi ini juga merupakan hal positif agar masyarakat mengetahuan tentang dana desa secara rinci dan jelas, terangnya.

Di tempat yang berbeda Sekdes Sie Fathan. S.kep mangatan pemasangan baliho APBDes dirujuk dari Permendagri No.114/2014, tentang pedoman pembangunan desa, dengan begitu, supaya masyarakat juga tahu tahapan teknisnya mulai RAB, Pengajuan, Pelaksanaan sampai tahap pencairan,” urainya.

total empat titik pemasangan baliho telah terpasang di tiap-tiap dusun yakni, dusun sie, dusun wawo rada , dusun diha dan depan kantor desa sie. Kepala desa berharap supaya masyarakat bisa mendukung kinerja anggaran desa dan partisipasi aktif dalam membangun desa lebih baik.

[jr.4]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.