Header Ads

Sekda NTB: “Tahun Ini Kami Anggarkan Untuk Bangun 'Rumah Produksi' Babuju Mandiri”


Saat melihat hasil produksi Babuju Mandiri

Kota Bima, jerat.co.id - Sekertaris Daerah (Sekda) Propinsi NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti, MSc, Phd, sejak hari Minggu kemarin (8/4) melakukan kunjungan kerja di wil Bima dan Dompu. Beberapa kegiatan, terkait Festival Pesona Tambora, Seminar 'Tourism Investment Forum', Upacara HUT Kota Bima, Upacara HUT Kab Dompu maupun meninjau langsung Keg UAS SMA/SMK di wilayah Bima dan Dompu. Rangkaian Kegiatan kunjungan ini berlangsung hingga esok tanggal 12 April 2018.

Salah satu rangkaian dari kunjungan itu adalah menyambangi Kegiatan Produksi Komunitas BABUJU di Jalan Imambonjol Kel Santi Kec Mpunda Kota Bima.

Sekda NTB yang biasa di Sapa bang Rosyadi ini, dalam kunjungannya ke Kolam Budidaya Air Tawar BABUJU MANDIRI didampingi oleh Kadis Perindustrian NTB, Hj. Baiq Eva Nurcahya Ningsih, MM. Kadis Ketahanan Pangan NTB, Ir. Hj. Budi Septiani. Kadis Kelautan Dan Perikanan Kota Bima, Hj. Zaenab Arifin, Kadis Ketahanan Pangan Kab Bima Ir. Heru Priyanto, Kadis Perindustrian Kota Bima, Nurjanah dan rombongan lainnya.

Selain melihat langsung proses Budidaya Ikan Air Tawar, Sekda NTB dan rombongan ikut menyaksikan proses roasting kopi diruang produksi dan package BABUJU MANDIRI. Sekaligus mencicipi citarasa Tambora Redstone Coffee (TRC) dan Lengge Heritage Coffee (LHC) baik yg Coffee Bean (Biji Medium Roasting) maupun Ground Coffee.

Pada Kesempatan tersebut, Sekda NTB meminta kepada Kadis Perindustrian NTB dan Kadis Perindustrian Kota Bima untuk membantu mencari lahan dan merancang 'Rumah Produksi' yang lebih representatif untuk BABUJU MANDIRI. "Ini harusnya kita support, apalagi kegiatan Produksi dan Pengemasan Kopi, Beras Merah maupun Bawang Goreng ini sudah berlangsung lebih dari 2 tahun. Saya minta kadis Perindustrian NTB dan Kadis Perindustrian Kota Bima untuk bisa mendesign Rumah Produksi untuk Babuju Mandiri. Saya minta Proposal dan telaahnya awal Mei ini di meja saya untuk bisa segera dibangun" Tegas Sekda yang langsung direspon oleh para Kadis yang disebut.

Disamping itu, Kadis Perindustrian Propinsi NTB melaporkan bahwa Direktur IKM, Pangan dan Furniture Kementerian Perindustrian RI sudah menjanjikan Mesin Roasting Kopi Untuk Babuju Mandiri dan akan diserahkan oleh Dinas Perindustrian NTB dalam waktu dekat ini.

Di tempat yang sama, inisiator dan penggerak Babuju Mandiri, Rangga Babuju mengaku sangat bangga atas kehadiran pemerintah provinsi, “Terlebih kehadiran pak Sekda dan rombongan ini menunjukkan respont positif atas kreativitas rekan-rekan Babuju,” ucapnya.

Ia optimis, dengan janji ‘rumah produksi’ ini nanti akan mampu menambah armada komunitas di seluruh pelosok, “Selama ini rekan-rekan komunitas memulai dengan inisiatif dan swadaya dengan semangat ingin maju, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak ini, menjadi isyarat untuk kami lebih giat dan ulet lagi,” urainya dengan penuh semangat.

[Jr.1]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.