Header Ads

Sandang Sekolah Model, SMPN 1 Monta Peroleh Penghargaan PISA


Kepala SMPN 1 Monta

Bima, jerat.co.id – Sebagai sekolah model 2017, SMPN 1 Monta menjadi salah satu sekolah di kabupaten yang memperoleh penghargaan dari Programme For Internasional Student Assement (PISA) 2018.

Program PISA atau diterjemahkan sebagai prorgam penelitian siswa internasional adalah hasil kerjasama pembangunan ekonomi (OECD) dengan Pusat Penilaian Pendidikan-Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. PISA ini sendiri merupakan survei internasional terbesar di dunia dalam bidang pendidikan dengan sasaran siswa berusia 15 tahun.

Di kabupaten Bima hanya dua sekolah yang mendapatkan program PISA tahun 2018 yakni SMPN 1 Monta dan SMPN 3 Sape. Dengan dukungan alat komputer sebanyak 22 unit ditambah satu unit Server.

Hal itu dijelaskan Dra. Arfida Roswati, M.Pd kepala SMPN 1 Monta yang ditemui di sekolah selasa pagi (13/3), “Selain saarannya siswa usia 15 tahun, tujuan PISA ini adalah untuk mendampingi sekolah dalam kegiatan persiaan stufi utama PISA 2018 sekaligus mendorong guru untuk melakukan pemlajaran dan penilaian berbasis komputer dan soal yang mengukur kompetensi berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills),” terangnya.

Meraih penghargaan ini tidak mudah, sebab selain bersaing dengan puluhan sekolah, SMPN 1 Monta memiliki berbagai keunggulan, “Sekolah kami telah menyandang sekolah berstandar nasional, sekolah adiwiyata dan berbagai prestasi lainnya. Demikian juga dalam jenjang tes yang dilakukan oleh PISA, kami dinyatakan unggul,” kata Arfida.

[Jr.1]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.