Header Ads

HMM-Mataram Inisiasi Gerakan Reboisasi





"Hutan Bukan Harta Nenek Moyang Kita, Tapi Warisan Untuk Anak Cucu"
penanaman di kawasan Dam Pela Parado

Bima, jerat.co.id - Sebagai Mahasiswa tidak pernah sepi dari ide dan gagasan karna di dalam identitas mahasiswa ada agen of change (perubahan) agen of control (mengontrol) sebagai landasan tanggungjawab sosial terhadap diri yang sudah di katakan mahasiswa ini.

Fenomena perubahan perilaku masyarakat yang semakin brutal terhadap alam, dengan merusak hutan. Praktek penjarahan hutan secara besar-besaran tidak dapat dihindari. Akibatnya, bencana banjir dan erosi telah menjadi momok beberapa tahun terakhir.

Melihat kondisi ini, pengurus Himpunan Mahasiswa Monta (HMM )-Mataram menginisiasi gerakan reboisasi sebagai upaya edukasi bagi masyarakat agar kembali mencintai dan melestarikan alam.

Dengan menggalang kerja sama dengan komponen masyarakat dan siswa di beberapa sekolah termasuk melibatkan anggota koramil 1608-07/Monta.
Mahasiswa dan pelajar SLTP pose bersama anggota TNI

Kegiatan penanaman sebanyak 500 pohon ini dilakukan pada hari minggu (11/2) di kawasan Dam Pela Parado.

Najimin Purba  ketua umum HMM-Mataram  mengatakan, “Bencana banjir merupakan persoalan yang sangat krusial, terutama di wilayah kecamatan Monta yang hampir seluruh hutannya gundul, sehingga kami yang terhimpun dalam organisasi HMM perlu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk gemar menanam pohon,” katanya Minggu sore.

Lokasi Dam Pela Parado ini dipilih dengan satu harapan agar masyarakat dapat turut serta dalam merawat dan melestarikan hutan sebagai warisan untuk anak cucu kita, tandasnya.

Sahrul Ramadhan demosioner HMM-Mataram juga berharap mudah-mudahan kegiatan yang di adakan oleh Himpunan Mahasiawa Monta-Mataram ini bisa menjadi contoh untuk kecematan dan desa yang lain yang ada di kabupaten bima ini. “Dan saya rasa pemerintah daerah memberikan apresiasi dan mendukung kegiatan yang sangat positif ini.” Ujarnya.

[Jr.1]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.