Header Ads

Desa Melayu Lambu Gelar MTQ TK Desa


kegiatan pra acara

Bima, jerat.co.id – Kendati pegearan Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ ) tingkat desa Melayu kecamatan Lambu termasuk paling akhir digelar untuk agenda MTQ tahun 2017, namun hajat tahunan ini tetap sukses dilakukan.

Dengan tema Ikhtiar Membentuk Generasi RAMAH Religius, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh camat lambu pada minggu (14/1) tadi malam, antusias warga untuk memeriahkan kegiatan ini juga sangat tinggi, hal itu ditunjukkan dengan suguhan kesenian qasidah dan lantunan ayat suci Alquran yang dibawakan oleh para peserta pra acara yang mayoritas diantaranya adalah peserta usia dini.

Pada kesempatan itu ketua panitia Muhamad S.Pd.i dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini terselenggara berkat dukungan semua pihak dan seluruh warga Melayu. Dengan agenda kegiatan selama 3 hari dengan melibatkan peserta dari seluruh usia. “154 peserta ini terdiri dari anak-anak, remaja dan peserta tingkat dewasa,” paparnya.

Seluruh kegiatan terselenggara dengan dukungan anggaran yang bersumber dari dana desa sebesar 16.500.300 ribu rupiah paparnya.

Pada kesempatan yang sama  Kades Melayu Muhide S.Ag memberikan sambutan, “Momentum pelaksanaan MTQ  tingkat desa melayu diharapkan akan menjadi ajang mengasah keberanian mental generasi untuk siap tampil dan sebagai ajang mengasah pendalaman membaca ayat-ayat suci Alquran,” harapnya.

Dengan bangga juga Muhide mengatakan, arena MTQ kali ini cukup megah karena dibangun permanen dengan kebersamaan para panitia dan masyarakat desa Melayu.

Usai sambutan kepala desa, Camat Lambu Abdul Rahman S. Sos sebelum membuka secara resmi kegiatan menuturkan, MTQ  adalah salah satu kegiatan untuk menyambung tali sillaturahim sesama umat, “Dengan adanya kegiatan ini, maka kita semua mulai dari anak – anak usia dini hingga orang dewasa dituntut untuk bisa membaca AL- QUR'AN dengan baik dan benar,” jelasnya.

Bahkan katanya, “Salah satu program kementrian agama RI, para calon pengantin diwajibkan untuk dapat membaca ayat suci alquran, karena jika tidak maka pernikahan akan ditunda hingga yang bersangkutan dapat membaca Alquran dengan baik dan benar,” ujar camat.

Diterangkan, ajang MTQ tingkat desa adalah salah satu thapan untuk menuju tingkat kecamatan, karena hasil seleksi ini yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi peserta pada tingkat selanjutnya bahkan sampai ke tingkat nasional, papar camat Lambu lalu meresmikan kegiatan tersebut.

[Idul]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.