Header Ads

Opini : Asosiasi Pedagang, Antara Kesejahteraan Petani dan Tujuan Politik


transaksi petani dengan tengkulak di desa Tangga Monta
Rencana pemerintah daerah membentuk asosiasi pedagang di setiap wilayah merupakan ide cemerlang dipenghujung tahun ini seperti yang diaklamasikan Arief Rahman Kabid pengelolaan dan pemasaran hasil pertanian (P2HP) Disperbun Kabupaten Bima pada salah satu media beberapa waktu lalu.

Dimana asosiasi ini dianggap mampu menjawab persoalan paling dasar ditingkat petani kita, terutama untuk mendongrak harga jual bawang merah yang menjadi salah satu komoditi andalan dan telah menjadi Icon daerah.

Menjamurnya Tengkulak adalah hal lain yang sangat mengancam kesejahteraan petani, selain mampu memonopoli harga, mata rantai tengkulak ini momok karena mampu menekan hasil produksi dengan pola timbangan 'panas dingin'.

Konsep ini (asosiasi) dengan dukungan intervensi pemerintah untuk menemukan peluang pasar adalah langkah ideal yang paling dinanti masyarakat petani sebagai wujud keberpihakan pemerintah atas kesejahteraan rakyatnya. Karena 85% penduduk kabupaten bima adalah petani, secara politik dan ekonomi, kesejahteraan petani adalah mutlak kunci dari seluruh cita-cita daerah.

Dari berbicara Stabilitas keamanan, hingga pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah yang bermuara pada kemakmuran bagi seluruh rakyatnya.

Akan tetapi menjadi tidak berarti jika asosiasi ini dibentuk atas dasar kebijakan dan untuk kepentingan politik, karena akan bernasib sama dengan kebanyakan kelompok tani yang hanya dijadikan sebagai obyek kepentingan sekelompok orang ‘istana’ dan para ‘tengkulak’ politik.

Pun menjamurnya tengkulak yang menyekik petani, hal yang sama juga akan dialami para petani (dalam bentuk lain) seandainya intervensi kepentingan politik dibalik rencana terbentuknya asosiasi ini nanti.

Menutup opini saya terhadap ini adalah pertanyaan yang akan terjawab oleh ruang dan waktu, “Sebesar apa keikhlasan Pemerintah untuk benar-benar membangun daerah ini”. Kita akan lihat nanti.*)

Suharlin, S.Sos
Pimpinan redaksi Jerat Group

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.