Header Ads

H. Dahlan Resmikan Bursa Inovasi Desa, Stand Babuju Paling Diminati



mencicipi salah satu hasil kreasi masyarakat desa

Bima, jerat.co.id - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bima (DPMDes), melalui Tim inovasi Desa menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa pada hari kamis (28/12) pagi.

Kegiatan yang digelar di halaman kampus STKIP Taman Siswa Bima ini menyedot perhatian banyak masyarakat, karena disamping ini kali pertama digelar, juga kompetitif sehingga rasa penasaran masyarakat cukup tinggi untuk menyaksikan langsung.

Agenda penting DPMDes ini dibuka secara resmi oleh wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan H. M. Noor,  didampingi langsung oleh Kadis DPMDes Andi Sirajudin. Turut hadir dalam acara itu kadis PUR H. Ngempo, ST. MT, Dandim, Kapolres Bima Kabupaten, pihak Bank BNI, Camat dan Kades se Kabupaten Bima.

Sebelum meresmikan kegiatan tersebut H. Dahlan dalam sambutannya mengatakan, “Sebenarnya melalui UU No 06 tentang Desa, pihak Desa mempunyai otoritas untuk mengelolah anggaran Desa semaksimal mungkin, untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Karna sesuai dengan misi utama Presiden Jokowi, bahwa anggaran Dana Desa itu harus di kelolah Dengan baik sesuai dengan aturan yang ditetapkan,” paparnya

Pria bertubuh atletis yang akrab disapa Baba Leo ini sangat mengapreasi pihak yang mengadakan kegiatan ini, “Lewat kegiatan ini, para pemuda yang ada di kabupaten bima bisa menunjukan kreativitasnya, misalnya dengan keberadaannya di BUMDes dapat mengekspresikannya dalam berwira usaha,” ajaknya.

Pada kesempatan yang sama kadis DPMDes Andi Sirajudin menyampaikan, “Kegiatan serupa akan menjadi agenda tahunan, kedepannya kita akan menggelar pada masing-masing kecamatan. Begitu pentingnya agenda ini sehingga kita menggelar perdana di aula STKIP Taman sisiwa,” imbuhnya.

Pada hajat ini, berbagai hasil kreatifitas desa dipertontonkan seperti jajanan khas Bima berupa rengginang, pengaha bunga, dan lainnya, sementara jenis kerajinan berupa tenunan asli bima juga ditunjukkan masing-masing desa, seperti kain batik dan sarung nggoli 

Namun dari sekian banyak stand yang ada, kreasi Komunitas Babuju paling banyak diminati pengunjung. Hasil kreasi pemuda seluruh desa yang tergabung dalam komunitas Babuju ini disamping beragam juga telah banyak dikenal dan sudah dikonsumsi luas seperti kopi tambora, bawang goreng dan lainnya.

[Ages]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.