Header Ads

B4P Palibelo Optimalkan Jajar Legowo


penerapan sisitim jajar legowo di so la rida desa Teke

Bima, jerat.co.id – Untuk mengoptimalkan swasembada pangan, diakhir tahun ini dinas pertanian tanaman pangan dan holtikultura melalui B4P kecamatan Palibelo mengoptimalkan cara bercocok tanam dengan sistim jajar legowo.

Jajar legowo merupakan salah satu sistim tanam yang dinilai mampu meningkatkan hasil produksi padi, sehingga sistim ini terus disosialisasikan oleh para penyuluh.

Seperti yang dilakukan di desa Teke kecamatan Palibelo, dengan melibatkan Babinsa, seluruh PPL dan kelompok tani, gerakan sistim jajar legowo ini dipimpin langsung oleh kepala B4P Ahmad pada hari rabu (27/12).

1,5 Ha lahan di so La Rida desa Teke menjadi terapan contoh sistim jajar legowo, ini dilakukan mengingat kesadaran masyarakat yang masih minim tentang sisitim tanam ini, “Sebab hingga saat ini yang menjadi kendala adalah para petani masih belum menerima dengan pola tersebut. Mereka masih merasa sayang bila ada lahan yang tidak ditanami. Mereka masih memegang tradisi lama dan sudah mendarah daging sehingga merubah pola tersebut sangat sulit.” Terang Ahmad.

Butuh kesabaran dan keuletan menghadapi karakter petani seperti ini, sehingga kami terus dan gencar melakukan sosialisasi dengan melibatkan seluruh komponen. Dengan begini produktifitas petani akan semakin naik, tandasnya.

[Ocha]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.