Header Ads

PUSMAJA Mbojo Yogyakarta Gelar Bedah Metodologi Penelitian Yogyakarta


suasana kegiatan

Yogyakarta jerat.co.id - Minggu, 19 November 2017, jam 09:00 – 14:50 WIB, Pusat Studi Mahasiswa Pasca Sarjana (PUSMAJA) Mbojo Yogyakarta mengadakan kegiatan Bedah Metodologi Penelitian.

Acara ini menjelaskan kaidah-kaidah pokok tentang metode yang akan dipergunakan dalam aktivitas ilmiah maupun penelitian, termasuk juga dalam penulisan skripsi, tesis, maupun disertasi.

Acara yang diselenggarakan di kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ruang 3.1.219 lantai 2 tersebut langsung dibuka secara resmi oleh saudara M. Jamil, S.H. selaku Wakil Sekretaris Forum Silaturrahim Weki Ndai Mbojo-Yogyakarta dan menghadirkan seorang Pembicara Syahrul Ramadhan, S.Pd., M.Pd. selaku kandidat Doktor Penelitian dan evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
pose bersama usai kegiatan

Mungkin sebagian orang pernah merasakan bagaimana sulitnya menulis karya ilmiah maupun penelitian, namun pada acara kali ini Syahrul Ramadhan memberi gambaran trik-trik mudah dalam melakukan penelitian, baik dalam menentukan jenis-jenisnya, prinsip-prinsip pemilihan metode penelitian, tehnik pemilihan sampel, tehnik analisis data serta bagaimana cara mengolah data menggunakan SPSS berdasarkan dari pengalaman-pengalamannya selama menjadi kandidat doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY.

Acara ini juga lebih banyak diisi dengan sesi tanya jawab dan dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa Bima yang ada di Yogyakarta, serta ada juga beberapa mahasiswa luar Mbojo yang turut hadir. Ketua Umum Pusat Studi Mahasiswa Pasca Sarjana (PUSMAJA) Mbojo-Yogyakarta periode 2017-2018 M. Saleh Ahalik, S.Pd. mengatakan bahwasannya agenda ini merupakan inisiasi untuk menfasilitasi mahasiswa Mbojo yang ada di Yogyakarta dalam menghadapi tugas akhir. “Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja kepengurusan PUSMAJA Periode 2017-2018, kegiatan ini kami hajatkan untuk seluruh mahasiswa dari Bima-Dompu maupun mahasiswa diluar daerah dengan tidak membedakan level tingkat pendidikan baik S1 maupun S2 dan S3," beber M. Saleh.

Selain itu, lebih lanjut lelaki yang sedang menempuh studi strata dua di UAD ini mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini memberi solusi atas kegalauan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. "Tujuan dengan kegiatan ini tentu bagaimana kami mencoba memfasilitasi teman-teman yang kemungkinan risau atau galau dalam melakukan penelitian, maka dengan kegiatan ini semoga memberikan gambaran atau pencerahan dalam melaksanakan penelitian lebih khususnya untuk semester akhir," cetus M. Saleh.

"Semoga kami selaku pengurus mampu mengadakan kegiatan-kegiatan yang lebih objektif lagi tentunya dapat membantu atau menarik perhatian seluruh teman-teman mahasiswa yang ada di Yogyakarta,” ucap M. Saleh dengan penuh optimis.

Dalam kesempatan yang sama, M. Jamil, S.H. mewakili sekaligus sebagai Wakil Sekretaris Forum Silaturrahim Weki Ndai Mbojo-Yogyakarta dalam sambutannya mengatakan turut bangga dan mengucapkan terimakasih kepada PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta karena selalu setia mewadahi mahasiswa-mahasiswi Mbojo di Yogyakarta dalam kegiatan-kegiatan produktif. "Terimakasih kepada PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta karena terus menfasilitasi mahasiswa Mbojo dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti ini. Hal-hal produktif seperti ini harus terus di gelar agar meminimalisir atau menghindari mahasiswa untuk mencari kesibukan yang tidak bermanfaat." celoteh M. Jamil yang pada periode PUSMAJA Mbojo-Yogyakarta sebelumnya pernah memimpin sebagai Ketua Umum pada tahun 2015-2017.

Dirilis Siti Hawa Mahasiswi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta / perempuan asal Ncera Belo Bima NTB.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.