Header Ads

Sambut HUT RI, Pawai Di Monta Bertema Budaya Bima


peserta pawai saat melintas di depan panggung kehormatan

Bima, Jerat Online - Dalam rangka peringatan hari ulang tahun Bima ke-377 sekaligus di rangakaikan dengan menyambut hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesi ke-72 tahun 2017. Kecamatan monta melaksanakan kegiatan Pawai (karnaval) kamis (10/8).

Karnafal kali ini bertemakan kebudayaan Bima dengan pembagian sesuai tingkatan, tingkat TK-PAUD bertemakan Bhineka Tunggal Ika. tingkat SD-MI dengan tema Sunara Ndoso (khitanan) dan untuk tingkat SMA- SMK Oto Co'i atau Dende Bunti. Karnafal di mulai dari dua lokasi yang berbeda, untuk tingkat SD -SMA di mulai dari lapangan desa sie sampai di panggung kehormatan depan kantor camat monta sedangkan untuk TK-PAUD mulai dari ujung Tangga.

Di panggung kehormatan unsur muspika telah hadir untuk menyaksikan langsung prosesi sekali setahun terebut. Sementara selama berlangsungnya kegiatan, seluruh jajaran Polsek dan Koramil Monta telah mengerahkan seluruh jajarannya untuk mengatur arus lalu lintas.

Muhtar SH selaku Camat sangat puas dengan kemeriahan acara tersebut, menurutnya kegiatan tahun ini jauh lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Semangat dan antusias masyarakat sangat tinggi dalam acara ini, hal ini memberi warna baru untuk kecamatan monta sebagai wilayah yang masih menjunjung budaya Bima,” ucapanya.

Kegiatan serupa sebagai wujud cinta tanah air, seluruh masyarakat yang didominasi pegawai dan dan jajaran pendidikan telah menggelar berbagai kegiatan, “sejak selasa telah dilakukan beberapa kegiatan kesenian dan olah raga, dilanjutkan untuk hari kedua kegiatan siswa mulai dari tingkat SD-MI dan SMA-SMK yakni lomba da'i dan lari karung. Selanjutnya masih ada beberapa agenda kegiatan, seperti lomba lari bawa kalereng lomba rimpu colo dan rimpu mpida yang akan di ikuti oleh peserta PKK desa, seluruh Ibu guru se kecamatan monta.

Lomba gerak jalan cepat tepat juga akan dilakukan pada tanggal 12 agustus dengan melibatkan seluruh unsur dinas dan jajaran pendidikan, menyusul hari senin akan dimeriahkan juga denga gerak jalan indah yang diikuti seluruh masyarakat

Muhtar berharap dengan kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan dan menghidupkan kembali tradisi atau budaya yang hampir punah karena pengaruh musik modern dan perkembangan arus globalisasi, untuk itu kali ini para peserta karnaval lebih di dominasi dengan pakaian adat dan tradisi bima.

Di tempat yang sama Kepala UPT Dikpora Monta sekaligus selaku ketua panitia Abubakar S.Pd menyampaikan "Jangan sampai budaya kita ini akan tenggelam begitu saja oleh karena itu kita munculkan kembali budaya-budaya bima di dalam kegiatan bertema budaya ini, bahkan untuk tahun-tahun berikutnya kegiatan serupa akan terus dikembangkan,". Pungkasnya.

[Ipul]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.