Header Ads

Kisruh Dana Desa, Warga Ragi Tuntut Kades Lakukan LPJ


perwakilam masyarakat saat sampaikan aspirasi

Bima, Jerat Online- Belasan masa yang menamakan dirinya Aliansih Mahasiswa Dan Masyarakat Peduli Desa Ragi , Rabu (16/8) menyambangi kantor Desa Ragi kecamatan Palibelo Kabupaten Bima dan menggelar unjuk rasa terkait dugaan penyimpangan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2016-2017 yang dilakukan pemdes setempat.

Menurut kordinatir aksi (Korlap) M Nor Andriansah, pemerintah Desa Ragi diduga telah melakukan konspirasi Dengan BPD atas sejumlah dana program pada tahun berjalan.

Kepala desa Ragi terkesan mendapat perlindungan sehingga tidak harus menyampaikan laporan penggunaan anggaran seperti  Bantuan Bibit ayam yang dianggarkan sebesar 15 jt Tahun anggaran 2016 yang pada kenyataanya belanja pos ini tidak terealisasi dengan benar, “Selain itu Muhamad Amin selaku Kepala Desa juga harus bertanggung jawab nasib kantor desa yang telah dibangun dengan 400 juta anggaran negara, yang sampai hari ini belum dapat dimanfaatkan,” ketus M Nor.

Kewajiban moril kades harus ditunjukkan dalam persoalan ini, jangan hanya alasan klaim lahan bangunan lalu persoalan diabaikan dan kepala desa terkesan cuci tangan, lanjutnya.

Menyikapi tuntutan masyarakatnya ini Muhamad Amin menerima dengan lapang dada dan berjanji akan memberikan klarifikasi, “Kami terima semua masukan ini karena masyarakat berhak mendapatkan informasi, dan sesuai dengan aturan yang berlaku bahwa kita memiliki kebebasan mengemukakan pendapat karena dilindungi undang-undang,” pungkasnya.

Kades ini juga siap menerima akibatnya jika yang dituduhkan itu terbukti benar, “Jika saya terbukti bersalah dan sah melakukan praktek korupsi dan lainnya maka saya siap menerima konsekwensinya,” tegas Muhammad Amin dihadapan para warga yang hadir.

[Ages]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.