Header Ads

Dadan : “BLU Bantu Masyarakat Peroleh Modal Dengan Tunda Tebang”



Dadan Suwardhana, S.Hut
Dompu, Jerat Online – Kabar gembira untuk masyarakat sekitar hutan karena Badan layanan Umum (BLU) Nasional melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yang tersebar di setiap daerah akan memberikan pinjaman modal usaha rendah bunga.

Selain berbagai upaya penyelamatan kondisi hutan seperti reboisasi dan sejenisnya, pemerintah mencoba untuk memudahkan masyarakat sekitar hutan untuk memperoleh modal usaha dengan hanya jaminan ‘Tunda Tebang’ tanaman tahunan jenis jati yang memiliki sertifikat atau keterangan desa.

Hal itu diungkapkan Dadan Suwardhana, S.Hut kepala UPTD KPH Bima Dompu Selasa (15/8). Menurutnya kabar ini merupakan upaya pemerintah demi menjaga kondisi hutan sekaligus tidak menutup peluang masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya. “Proses pinjaman ini sangat mudah, bagi masyarakat yang memiliki kebun jati bersertifikat atau minimal keterangan desa dapat mengajukan permohonan dengan bunga sangat kecil yakni hanya 0,65% setahun,” ujarnya.

Pinjaman ini juga kata Dadan berlaku sampai delapan tahun, “Artinya modal yang diperoleh akan sangat berpeluang untuk dikelola dengan beban batas waktu yang sangat lama,” urainya.

Menurutnya nilai moral yang harus disadari adalah keberkahan rezekinya, nafkah yang diperoleh dengan merusak hutan tidak memiliki keberkahan, “Sebaliknya, saya tidak cukup senang jika hutan selamat tapi masyarakat tidak memperoleh manfaat, maka dengan program ini keduanya akan berjalan sesuai harapan pasal 33 UU45 dan sila ke 5 pancasila. Masyarakat harus menjadi subyek dalam pembangunan, bagaimana desainnya mari kita bangun bersama dengan asas saling percaya,” tegasnya di Dompu.

[Leo]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.