Header Ads

Baznas Kabupaten Bima Menyalurkan Zakat Produktif Dan Konsumtif di Sie


penyaluran zakat di desa Sie

Bima, Jerat Online -Baznas kabupaten bima menyalurkan zakat produktif dan konsuntif di masjid baiturahman desa sie kecamatan Monta kabupaten bima rabu (23/8/). Di hadiri oleh ketua Baznas kabupaten bima dan pengurus Unit Pengumpul Jakat (UPZ) kecamatan monta beserta UPZ desa.

Ketua Baznas kabupaten bima yang di komfirmasi H. Abubakar H usman AB, menjelaskan “ kalau sekarang ada dua bantuan zakat, yakni zakat produktif dan zakat konsuntif. zakat konsuntif ditujukan kepada para fakir miskin atau yang kurang mampu dan bisa di pergunakan secara langsung, sedangkan zakat produktif untuk usaha bakulan sebagai modal usaha yang disalurkan oleh Baznas propinsi”. Terangnya

Untuk zakat prodktif ini di setiap kecamatan ada tiga desa yang didanai oleh Baznas propinsi. Zakat konsumtif di bagi perorangan sedangkan produktif perkelompok. “Di Monta tiga desa yang diberikan yakni desa Baralau, Sie, dan Desa Sondo, Masing-masing desa satu kelompok dengan santunan 5 juta bagi sepuluh orang sedangkan zakat konsumtif berkisar antara 100 hingga 150 ribu rupiah, “ terangnya.

Untuk penyaluran ini pihak Baznas membagi dua tim yakni desa Sondo dan desa Sie sebagai tempat penyaluran untuk zakat konsumtif bagi 17 desa di kecamatan Monta.

Diterangkan bahwa zakat ini telah disalurkan sejak tgl 16 agustus lalu, yaitu kecamatan Lambu, Sape dan Wawo. kemudian Tanggal 21 agustus kecamatan Wera dan Ambalawi. Sebenarnya kemarin kecamatan Belo dan Woha, namun kerena belum lengkap datanya di tunda dulu, hari ini adalah kecamatan Monta dan kecamatan Parado. “Dari 18 kecamatan baru 6 kecamatan yang terealisasi, rencanannya sampai tanggal 31 agustus karena belo, madapangga dan woha minta di tunda, akhirnya diperpanjang hingga 5 september” akunya

Harapan saya semoga bantuan ini bermanfaat, kesadaran masyarakat saat ini sudah cukup tinggi, semoga kedepannya semakin baik sehingga pihak Baznas dapat menyalurkannya kembali ke masyarakat yang membutuhkan.

[Ipul]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.