Header Ads

Asdi Siap Antar Petani Belo Berswasembada


Kepala UPT Pertanian Belo

Bima, Jerat Online - Asdiwarman S.St yang baru beberapa hari dinobatkan sebagai kepala UPT Dinas Pertanian tanaman pangan dan holtikultura kecamatan Belo kabupaten Bima NTB, bertekad untuk mengantarkan petani di wialayah binaanya sebagai petani yang berswasembada.

Cita-cita positif ini bukan isapan jempol atau bualoan belaka, sebab jika ditilik dari jejak karir pria tinggi ini memiliki asam garam menghadapi petani dengan prinsip tani yang dimiliki masing-masing wilayah yang pernah dijajalinya sebagai penyuluh.

30 tahun bergelut dibidang penyuluhan adalah waktu yang sangat lama untuk mengecam pengalaman untuk menyelami karakter dan pola tani yang dilakukan masyarakat Bima. Berangkat dari itulah pria yang kesehariannya disapa pak Asdi ini memiliki tekad untuk membawa perubahan bagi petani di wilayah binaanya.

Di temui di ruang kerjanya rabu (9/8) Asdiwarman mengatakan tidak akan sulit untuk mewujudkan itu sebab menurutnya para petani Belo termasuk kategori petani suskses, “Hanya yang perlu diarahkan adalah penggunaan tekhnologi yang tepat. Sebab untuk penggunaan obat-obatan masih jauh dari aturan dan cara pengunaanya,” ungkap Asdi.

Mantan penyuluh yang juga pernah ditugaskan di kecamatan Parado ini dalam waktu dekat akan segera membentuk tim khusus untuk mendampingi petani dalam hal penggunaan saprodi, “Untuk mewujudkan itu kami akan membuat strategi baru yakni membentuk tim sekaligus menjalankan program-program yang belum tuntas di jalankan tahun ini,” tandasnya.

Hematnya, untuk petani Belo memiliki kemampuan ekonomi yang cukup tinggi dan bagi kelompok tani yang hanya disubsidi bibit sebenarnya tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan ekonomi mereka, “Artinya pendekata sekaligus perbaiki usaha kelompok tani itu paling efektif dilakukan, karena jika hanya memberikan bantuan lalu tidak dibarengi dengan pendampingan yang maksimal maka itu tidak memiliki pengaruh terhadap perkembangan kemandiriian petani untuk menjadi petani berswasembada,” kata Asdi.

[Ocha]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.