Header Ads

Mukernas TDA Di Bali, BIMA Siap Membangun 1.000 Entrepreneur


Peserta Mukernas TDA Di Bali

Denpasar, Jerat Online - Dalam kompetisi ekonomi di Era Virtual saat ini, penting untuk mendorong lahirnya para Entrepreneur atau wirausaha muda di daerah. Sebab, salah satu faktor kemajuan dan berkembangnya sebuah daerah adalah maraknya usaha2 Ekonomi Mikro yang saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

Hal itulah y
ang menjadi pembahasan penting dan hangat di arena Mukernas TDA (Tangan Di Atas), yang dihelat di Bali, 24 - 26 Juli 2017. Mukernas yang dihadiri oleh 62 Ketua-ketua TDA Daerah 18 Ketua TDA Wilayah, para Pengurus TDA Pusat dan para Undangan Perwakilan TDA dari 5 Negara sahabat.

TDA Bima diwakili oleh Bahtiar SE dan Julhaidin, sebagai Pendamping. Dalam Mukernas kali ini, Presiden TDA Indonesia, Ahmad Baidillah Thariq menyatakan b
ahwa Visi TDA Indonesia dalam kepengurusannya saat ini adalah mewujudkan Terciptanya 10.000 Miliader Indonesia. "Visi TDA dalam kepengurusan 5.0 kali ini adalah mewujudkan lahirnya 10.000 Miliader muda Indonesia. Tentu hal ini tidak mungkin terlahir begitu saja. Sinergisitas ban Penguatan Kemitraan menjadi tumpuan penting dalam mewujudkannya" Tegasnya dihadapan Peserta Mukernas yang berjumlah 200an peserta itu.

Sementara itu, Bahtiar sebagai Ketua TDA Bima merasa optimis untuk mewujudkannya. "Minimal kami di Bima dalam kepengurusan kali ini insya
Allah akan melahirkan 1.000 entrepreneur muda Bima. Setidaknya dalam 3 tahun kedepan 500 entrepreneur ini dapat melengkapi Visi TDA Pusat" Jelasnya penuh semangat.

Bahtiar selain sebagai ketua TDA Bima, juga bergerak dibidang usaha Properti d
engan nama "Thyar Property" yg saat ini sedang menyelesaikan 'Sarata Residen' dan Usaha Kapling tanah pemukiman di Rontu - Kota Bima.

Dalam mewujudkan terciptanya '1.000 entrepreneur muda' Bima ini, TDA Bima dilengkapi oleh Skuad y
ang bisa dibilang cukup tangguh. Iksan yang ditempatkan sebagai Sekertaris Umum (Sekum) TDA Bima adalah Owner dari 'Korea Jaya'. Bendahara umum ditempati oleh Ningsih Kusumawati, S.Pdi.

Dalam setahun terakhir berdiri, TDA Bima sudah cukup sering melaksanakan Program kegiatan "Jumat Berbagi" y
ang menjadi Tupoksi Divisi Program Khusus (Prosus) yang diketuai oleh Nurul Jannah, SP. Termasuk diantaranya bersama RS Salma Husada Melayu, TDA Bima mendirikan Posko Tanggap Darurat Bencana Kota Bima, tempo hari. Demikian juga dengan kegiatan Peduli Ramadhan dengan mengadakan kegiatan "Berbagi Bersama 200 anak Yatim Piatu" di Kota Bima.

Sementara itu Anang Zaini, ST (Owner Kantin Yuank) Kadiv Penggalangan Sumber Daya (PSD) sukses melaksanakan TDA Camp di Villa Batu - Kalaki kab Bima selama 3 hari pada Oktober 2016 yang lalu. Kopdar (Kopi Darat) yang diselenggarakan oleh Divisi Edukasi Peningkatan Kapasitas (EPIC) dibawah kendali Fadli, SE (Owner H-Mart) selama setahun TDA Bima berdiri, sudah cukup sering dan menjadi Inspirasi 'hidup' nya kegiatan usaha kreatif di Bima.

Kedepannya, TDA Bima sesuai dengan Misi Kepengurusan sebagai Akselerator Peningkatan Kapasitas Entreprenur Muda Bima tengah menyusun berbagai Program kerja yg akan dirapatkan pada Mukerda Bima, 29 - 30 Juli 2017 ini.

Ada 6 Program prioritas yang akan diselenggarakan oleh TDA Bima dalam 1 s
emester akhir 2017, yaitu Pelaksanaan 'Workshop 8 Series' berkolaborasi dengan TDA Dompu, selama 1 thn sekali sebulan. Kemudian TDA Camp yang direnacanakan pelaksanaannya pada September 2017. Penyelenggaraan Pesta Wirausaha (PW) se-NTB yang dipusatkan di Bima dan dilaksanakan oleh TDA Bima sebagai tuan rumah pada Pebuari 2018. Dan yang menarik adalah program KMB (Kelompok Menitoring Bisnis) yang akan dimulai pada bulan Agustus ini, sebagai follow up dari Program 'Ngaji Bisnis' Kemitraan Bersama TDA Bima & PLUT UMKM Kota Bima selama 4 kali pada Juni yang lalu.

"Segala usaha dan upaya yang dilaksanakan secara bertahap namun terukur ini merupakan wujud partisipatif TDA Bima dalam membangun Sinergisitas dengan siapa saja termasuk pemerintah daerah guna menciptakan 1.000 entrepreneur Muda Bima pada 2020 mendatang, tentu saja dengan harapan daerah makin berkembang, masyarakat pun akan lebih tersejahterahkan" pungkas Bahtiar.

[Leo]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.