Header Ads

Diduga Money Politik, Oknum MJ Dilaporkan ke Panwascam

Panwascam Monta Menerima Laporan Tim IDP. (FOTO: Leo)
Bima, Jerat Online - Puluhan simpatisan dan Tim Sukses Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015, Indah Dhamayanti Putri dan Dahlan M. Noer (IDP) mendatangi kantor Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Monta, Kamis (19/11/2015) malam.

Kehadiran simpatisan dan ketua tim kecamatan pasangan calon nomor urut 4 ini, untuk melaporkan adanya dugaan Politik Uang (Money Politik) yang dimainkan oleh salah satu oknum berinisial MJ yang diduga merupakan salah satu tim sukses Paslon dalam pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bima Tahun 2015.

MJ dilaporkan karena diduga berusaha mengajak orang lain dengan memberikan imbalan sejumlah uang untuk memilih salah satu pasangan calon tertentu. Berdasarkan keterangan Erna sebagai pelapor, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 10:00 WITA, Kamis pagi di Desa Tangga, Kecamatan Monta.

Didampingi ketua tim kecamatan, Erna yang berprofesi sebagai penjual bakulan ini menguraikan laporannya kepada Panwascam bahwa peristiwa itu terjadi ketika ia berjualan keliling. Waktu itu MJ yang berada di atas mobil membeli timun dagangannya dengan harga Rp50 ribu karena uang yang digunakan MJ pecahan Rp100 ribu jadi ia pun mengembalikan Rp50 ribu.

Namun, saat Erna mengembalikan uang tersebut malah MJ menambah dengan memberikan uang sebanyak Rp100 ribu dan mengatakan dalam bahasa daerah “Ede piti di ru’u nggomi labo rahim di caki kai nomor tolu” bahasa indonesia “Itu uang untuk kamu dan suamimu untuk mencoblos nomor tiga” demikian kata MJ yang dikutip Erna saat memberikan laporan di kantor Panwascam Monta.

Sementara ketua Panwascam, Saifullah SH mengaku telah menerima laporan Tim Dinda, pelapor menyampaikan adanya dugaan tindakan money polik yang dilakukan MJ salah satu tim sukses pasangan calon nomor urut 3.  “Laporan Tim IDP telah kami terima berikut barang bukti uang sejumlah Rp150 ribu kemudian laporan tersebut telah kami teruskan ke Panwaslu Kabupaten Bima untuk ditindaklanjuti melalui sentra Gakumdu,” katanya saat ditemui di kantor Panwascam Monta, Jumat (20/11/2015).

Saiful menambahkan, sebenarnya kasus money politik saat ini sudah ditangani langsung oleh pihak kepolisian, namun jika ada laporan kami juga tidak lantas menolak laporan yang disampaikan. “Sikap kami jika ada kasus money politik yang dilaporkan, maka pelapor akan kami arahkan untuk melaporkan langsung kepada pihak kepolisian,” jelasnya. (Leo)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.