Header Ads

Pemutaran Film PKI di Koramil Monta Dipadi Warga

Foto Bersama Personil Koramil 1608-07/Monta Usai Pemutaran Film G.30.S/PKI. (Foto: Son)
Bima, Jerat Online - Pemutaran film Gerakan 30 September tentang penghianatan Partai Komunis Indonesi yang disingkat G.30.S/PKI yang dilaksanakan Koramil 1608-07/ Monta, Selasa (13/10/2015) malam antusias dihadiri warga.

Warga yang penasaran ingin menyaksikan film ini mulai memadati kantor Koramil Monta  di Desa Tangga, Kecamatan Monta sejak pukul 20.00 WITA malam. Dengan persiapan yang matang anggota Koramil pun mengarahkan warga untuk duduk dikursi yang telah disediakan di lokasi pemutaran film yang berada di samping kantor setempat.

Danramil 1608-07/Monta, Mayor Infantri Dahlan mengatakan, acara yang dikemas dengan tema Nonton Bareng Pemutaran Film Penghianatan G.30.S/PKI ini bertujuan untuk mengulas sejarah dan menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air terutama pada generasi muda zaman sekarang.

Kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan di Koramil 1608-07/ Monta tetapi serentak dilaksanakan diseluruh jajaran TNI dalam memperingati hari G.30.S/PKI dan Kesaktian Pancasila. "Kami mendapat giliran terakhir karena memang Koramil Monta, urutan ke-7 dari seluruh Koramil yang berada di Kota dan Kabupaten Bima" kata Dahlan.

Pria kelahiran sumbawa ini juga menjelaskan, setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak permintaan pemutaran film juga datang dari jajaran dinas pendidikan. Mereka meminta agar film ini dapat diputar di sekolah-sekolah yang berada di Kecamatan Monta.

Permintaan itu datang dari SMPN 1 Monta dan SMAN 1 Monta. "Jika tidak ada halangan dalam minggu ini akan kita laksanakan dan itupun kalau tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar," jelasnya.

Dalam film ini banyak pendidikan sejarah yang dapat diambil termasuk bagaimana perjuangan TNI menumpas gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI terhadap Bangsa Indonesia pada tahun 1965. "Dengan adanya acara ini diharap dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air terutama para generasi muda karena Bersama Rakyat TNI Kuat," tandasnya.

Diantara ratusan penonton Drs Nurdin mantan Camat Monta juga terlihat hadir menyaksikan film ini. Meski pemutaran film dilakukan hingga pukul 23.00 WITA malam, namun warga tetap antusias menyimak cerita dari awal hingga akhir. (Son)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.