Header Ads

KPU Tetapkan Hasil Resmi DPT Kab Bima

Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT oleh KPU Kabupaten Bima. (Foto: Son)
Bima, Jerat Online – Setelah melewati berbagai tahapan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bima mentetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015.

Penetapan yang dilaksanakan di Kantor KPUD Kabupaten Bima, Panda Bima, Jumat (2/10/2015) dihadiri oleh Panwaslu Kab Bima, Tim penghubung Pasangan Calon (Paslon), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan pihak terkait. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Ketua KPUD Provinsi NTB.

Melalui rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima menetapkan daftar pemilih di 18 kecamatan dan 191 desa Se-kabupaten Bima sebanyak 370.684 jiwa yang terdiri dari 182.544 jiwa pemilih laki-laki dan 188.140 jiwa pemilih perempuan.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila, S.Ip M.Msip mengatakan,  penetapan DPT dilakukan melalui berbagai tahapan yaitu mulai  dari menyusun DPS dengan menggabungkan DP4 dan DPT terakhir, memperbaiki DPS dan menetapkan daftar pemilih tetap hasil perbaikan DPS.

Setelah melalui berbagai tahapan, hari ini KPU menetapkan daftar pemilih tetap dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015. “Kami berharap agar DPT yang ditetapkan sekarang lebih baik dari DPT pada pemilu-pemilu sebelumnya,” harapnya.

Dijelaskan, setelah penetapan DPT proses perbaikan data masih bisa dilakukan seperti perbaikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) yang tidak satandar atau Invalid. Kemudian pencoretan data pemilih yang diduga tercatat dua kali dan pencoretan terhadap data pemilih yang tidak memenuhi syarat atau meninggal dunia.

Proses perbaikan data masih bisa dilakukan hingga H-6 atau enam hari sebelum hari pencoblosan. “Tetapi yang perlu dicatat proses perbaikan dan pencoretan data pemilih tidak akan mengurangi jumlah DPT yang ditetapkan hari ini,” tegasnya.

Selain itu, dalam penyusunan DPT, Nursusila juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Sistim Data Pemilih (Sidalih) KPUD Kabupaten Bima yang telah menyusun dan memperbaikan data pemilih hingga tersusunya DPT Kab Bima.  “Dalam penyusunan DPT kami juga mengucapkan terima kasih kepada Operator Sidalih yang telah menyusun dan memperbaiki data hingga menuju DTP hari ini,” tutupnya. (Son)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.