Header Ads

Dikpora Kabupaten Bima Gelar Lomba Pidato

Dikpora Kabupaten Bima Gelar Lomba Pidato. (Foto: Bimakab)
Bima, Jerata Online - Untuk meningkatkan kompetensi dan mutu para siswa dan pelajar SMP, SMA dan SMK Tingkat Kabupaten Bima, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bima selama tiga hari mulai dari Senin sampai dengan Rabu, 28-30 September 2015 menggelar Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Lomba Pidato Bahasa Inggris, Lomba Siswa Berprestasi dan Inovasi pembelajaran guru di aula instansi setempat.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga Kabupaten Bima melalui Sekretaris Dinas H.Nasrullah, S.Sos ketika membuka acara mengatakan, "memasuki pasar bebas masyarakat ekonomi Asean (MEA) maka kebutuhan akan SDM yang berkualitas amat diperlukan. Tentu saja untuk menjawab tantangan yang ada maka diperlukan kompetensi SDM yang bagus, menguasai bahasa Inggris sebagai prasyarat. Jadi, lomba pidato bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ini bukan hanya ditujukan untuk mencari juara.


H. Nasrullah yang didampingi Kepala bidang Dikmen Dinas Dikpora menambahkan, "untuk mendorong peningkatan kompetensi para siswa dan pelajar maka perlu dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Apa yang kita lakukan bukan hanya di tingkat dinas tetapi juga harus digelar di sekolah maupun di tingkat kecamatan. Demikian pula bahasa Indonesia, jangan dianggap enteng, karena harus terus mendalami agar memiliki keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar". Urainya.


Mengakhiri amanatnya, mantan Kabag Administrasi Kesra Setda Kabupaten Bima ini mengatakan, " sejumlah lomba ini diharapkan kompetensi guru dan anak didik dapat lebih ditingkatkan. Melalui acara lomba pidato ini, atas nama Kadis menyampaikan seuatu dengan keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar". Tutupnya.


Pada kesempatan tersebut Ketua panitia, Fathurahman, M.Pd untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan anak didik, pada tahun anggaran 2015, Dinas Dikpora menyelenggarakan sejumlah lomba yaitu: Lomba Pidato Bahasa Inggris dan Pidato Bahasa Indonesia Tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat selama 3 hari dari tanggal 28 sampai dengan 30 September 2015 di aula instansi setempat.


Selama tiga hari tersebut, para pelajar dari sekolah SMP dan SMA Se-Kabupaten Bima akan bersaing dalam Lomba yang mengangkat empat pilihan tema yang mencakup nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme. Budaya, sosial dan pendidikan. Selain lomba pidato, kata Fathurahman juga dilaksanakan lomba Siswa Berprestasi Tingkat SMP sederajat tanggal 1 Oktober 2015 dan tingkat SMA/sederajat tanggal 3 oktober 2015.


Tidak hanya itu, kata Fathur pada tanggal 5 sampai dengan 6 Oktober 2015 akan dilaksanakan Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP/MTs dan dilanjutkan dengan Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK/MA pada tanggal 7 dan 8 Oktober 2015. Dalam cerdas-Cermat setiap regu terdiri dari 3 orang dengan cakupan materi Pelajaran Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Matematika dan pengetahuan umum.


Untuk meningkatkan kompetensi para Guru, Dinas Dikpora Kabupaten Bima juga menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Tingkat SMP/MTs dan SMA/ SMK/MA. Pada lomba inovasi ini, para guru harus mengirin Karya Tulis Ilmiah (KTI) atau penelitian tindakan kelas (PTK) paling lambat 3 Oktober 2015, dan mengikuti tahapan wawancara nominasi bagi guru yang masuk sebagai finalis pada tanggal 12 sampai dengan 17 Oktober 2015". Jelasnya.



 (Humas/Bimakab)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.