Header Ads

BPBD Kab Bima Salurkan Air Bersih di 8 Kecamatan

BPBD Salurkan Air Bersih
Bima, Jerat Online - Mengatasi terjadinya krisis air bersih akibat kemarau panjang yang terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Bima. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) KabupatenBima menyalurkan air bersih di 8 kecamatan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, Amirudin yang ditemui di tengah penyaluran air bersih di Kecamatan Monta menjelaskan, penyaluran dilakukan menyusul adanya laporan masyarakat dan pemerintah kecamatan terkait krisis air bersih yang terjadi di wilayah mereka.

Setelah mendapat laporan BPBD kemudian menyampaikan informasi tersebut ke tingkat Provinsi, sehingga lahir Nota Kesepahaman (MoU) tentang penyaluran air bersih di 8 kecamatan yang akan dilaksanakan selama 45 hari antara tanggal 5 Oktober s/d 18 September 2015.

"Adapun delapan kecamatan yang mendapat penyaluran air bersih antara lain Kecamatan Donggo, Soromandi, Bolo, Madapangga, Wawo, Woha, Monta dan Palibelo," jelasnya.

Dalam kegiatan ini BPBD Kabupaten Bima mengoperasikan 4 mobil tangki perhari. “Masing-masing desa mendapat jatah 2 Rit.  Satu rit sama dengan 10 ribu liter sedangkan satu mobil tangki memuat 5 ribu liter artinya satu desa mendapatkan bantuan 4 mobil tangki,” ungkapnya. 

Berdasarkan Nota Kesepahaman, penyaluran air bersih akan dilaksanakan selama 45 hari dengan total bantuan sebanyak 680 rit. "Sedangkan dari 8 kecamatan tidak semua desa mendapat bantuan. Tetapi hanya desa-desa yang sudah dipetakan dan yang selalu menjadi langganan krisis air bersih tiap tahun,” tandasnya.

Dia juga menjelaskan, jika dibanding tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Kecamatan Monta menjadi salahsatu kecamatan yang mendapat bantuan air bersih antara lain Desa Monta  Dusun Monta  dan Desa Wilamaci, Dusun Tanjung Mas. “Tahun ini Kecamatan Monta menjadi salahsatu kecamatan yang mendapat bantuan air bersih,” pungkasnya. (Son)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.