Header Ads

KPU Kab Bima Gelar Rakor Hasil Pemutakhiran DPS

Rakor Hasil Perbaikan DPS di Kantor KPU Kab. Bima. Foto: Haer
Bima, Jerat Online -- Dalam Rangka mengoptimalkan perbaikan Daftar Pemilih Sementara  (DPS) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor).

Rakor dengan tema “Rapat Koordinasi DPS Hasil Pemutakhiran dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015” digelar di kantor KPU Kabupaten Bima di Panda-Bima, Selasa (22/9) dan dihadiri oleh ketua dan anggota PPK di 18 Kecamatan dan ketua PPS di 191 desa Se-kabupaten Bima.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila Sip M.Msip dalam arahanya mengatakan, tujuan dilaksanakan Rakor adalah dalam ragka memaksimalkan daftar pemilih hasil pemutakhiran yang dilakukan PPS selama masa perbaikan DPS.

Sebelum berakhirnya masa perbaikan tersebut diharapkan kepada seluruh unsur penyelengara pemilu baik ditingkat PPS maupun PPK agar bekerja secara optimal dalam menyusun dan memperbaiki daftar pemilih. “Sehingga dalam pelaksanaanya tidak ada lagi masalah yang berkaitan dengan daftar pemilih di Kabupaten Bima,” ujarnya.

Nursulila mengibaratkan kegiatan rakor yang digelar ibarat “Mbolo Weki” atau kumpulan dalam hajatan warga dimana warga berkumpul untuk membicarakan suatu kegiatan. Begitu juga dengan yang dilakukan KPU hari ini dimana kita mengundang seluruh unsur penyelenggara baik itu di tingkat desa (PPS) maupun tingkat kecamatan (PPK) untuk membicarakan pelaksanaan pemilu menuju hari pencoblosan tanggal 9 Desember  mendatang.

Dihadapan para perserta rapat, Nursusila menghimbau agar selama perbaikan DPS, PPK dan PPS bekerja secara optimal sehingga tidak ada lagi pemilih yang memenuhi syarat atau yang genap berusia 17 tahun pada hari pencoblosan tidak terdata dan selama masa perbaikan diharapkan PPK dan PPS berpedoman pada petunjuk dan peraturan yang berlaku.

Pada kesempatan itu Ketua KPU kembali menghimbau agar selama kegiatan pemilu para penyelenggara tetap menjaga integritas dan indepensi, sebab penyelenggara yang baik adalah penyelenggara yang mampu menjaga integritas dan indepensinya. “Kita memang memiliki pilihan tetapi tidak seharusnya pilihan itu kita umbar dan cukuplah menjadi rahasia masing-masing,” tutupnya.

Selain dihadiri oleh penyelenggara pemilu tingkat desa dan kecamatan acara ini juga dihadiri oleh semua anggota Komisioner KPU dan staf sekretariat KPU Kabupaten Bima. (Son)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.