Header Ads

124 IKM Terima Bantuan Mesin dan Peralatan

Jerat, Bima -- Untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas produk kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bima, Pemerintah Daerah terus berupaya memantik kreativitas masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja sendiri dengan cara memberikan bantuan mesin, peralatan dan bahan kepada 124 IKM/KUB Sabtu, (29/8) yang bertempat di halaman Kantor tersebut.

Kegiatan Penyerahan Bantuan Peralatan Industri dan Perdagangan yang dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muzakir, M.Sc, Kabag ekonomi Setda dan Pejabat Teras lingkup Pemkab Bima tersebut disambut gembira kelompok IKM.

Penjabat Bupati Bima Drs. Bachrudin, M.Pd dalam pengarahannya mengatakan sebagai Kepala Daerah, dirinya menyambut baik pelaksanaan bantuan ini sebagai stimulant upaya memajukan Industri Kecil Menengah (IKM), yang diberikan kepada para kelompok IKM yang belum berkembang atau belum mampu berkembang. 

"Dengan adanya bantuan ini, diharapkan nantinya IKM dapat berkembang dalam hal proses produksi dan kualitas barang yang dihasilkan, sehingga dapat menembus pangsa pasar yang lebih luas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta perekonomian daerah".

Bachrudin menjelaskan, IKM merupakan ujung tombak bagi kemajuan perekonomian suatu bangsa atau daerah. Karena dengan adanya IKM bisa menyerap besarnya jumlah pengangguran ke dalam lapangan kerja dan usaha. “Dengan diberikannya bantuan peralatan ini, saya sangat berharap agar semua IKM yang ada lebih berkembang dari sebelumya. Sehingga bisa menyerap warga yang masih pengangguran,” harap Bupati, dalam sambutannya.

Bachrudin meminta para penerima bantuan untuk memanfaatkan peralatan kerja berupa Mesin/Peralatan Pengolahan Pangan itu dengan baik. “Bantuan ini hanya stimulan. Semua harus bisa memanfaatkannya dengan baik agar usaha berjalan lancar dan berkembang,” kata Penjabat Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindag Kabupaten Bima Drs. H. Ridwan Yasin menjelaskan kondisi umum IKM di Kabupaten Bima saat ini masih belum menggembirakan.  IKM masih menggunakan teknologi sederhana,  modal kerja yang sangat terbatas, daya saing rendah.

Masalah lainnya yang dihadapi IKM adalah  belum mampu menjadi penyedia barang yang berkualitas, rendahnya jiwa  kewirausahaan,    terbatasnya kemitraan dengan industri besar,  pengetahuan dan informasi pasar, Kemampuan manajemen dan Lemah dalam akses pasar ke luar daerah  serta akses permodalan.

Oleh sebab itu, melalui Dinas yang dipimpinnya H. Ridwan bertekad untuk mewujudkan IKM sebagai segmen produksi yang sehat, kuat dan berkembang, dapat menguasai sebagaian besar pasar lokal, dan dapat mendorong tumbuhnya ekonomi daerah yang berpihak dan mengutamakan kesejahteraan rakyat banyak.

Untuk mewujudkan visi tersebut jelas H. Ridwan harus ada peningkatan jumlah unit usaha IKM seoptimal mungkin, menggerakan perekonomian daerah, meningkatkan nilai tambah ekonomi dan menyebarkan pembangunan.

Salah seorang penerima bantuan, Yogis (32) Bengkel Motor Sabua Nggahi warga Desa Tolouwi Kecamatan Monta mengaku senang dengan bantuan peralatan kerja itu. Selama ini dia mengerjakan usaha perbengkelan dengan peralatan seadanya. “Alat kerja yang kami gunakan selama ini masih kurang dari kebutuhan. Bantuan ini sangat membantu usaha perbengkelan yang kami kerjakan,” katanya.

Adapun Mesin/Peralatan yang diberikan pada kesempatan tersebut diantaranya 18 Unit Mesin Serut untuk Peralatan Meubel dan pertukangan kayu, 17 Unit  mesin Kompresor, 16 Unit mesin/ peralatan las berupa travo Las, 16 Unit mesin potong, mesin gerinda, kawat las dan kacamata las.

Bantuan lainnya berupa 19 Unit Mesin/Peralatan Konveksi berupa mesin jahit dan mesin obras, 13 unit mesin/peralatan pengolahan pangan :berupa mesin giling kopi / jagung / tepung /kelapa,   260 Pak benang tenun, 20 Unit Kompor, Oven,  Blender, dan Mixer.

Masih berkaitan dengan perangkat pengolahan pangan ini, Pj. Bupati menyerahkan bantuan  pengolahan    tahu, tempe dan bawang goreng berupa 1 unit  Mesin Giling Kedele, 1 unit Mesin Pompa Air, 2 unit  Bak Pemasakan, 2 unit Wajan Stainles Penggorengan,  2 unit Sealer dan 2 unit alat Pengiris Bawang.


Selanjutnya bantuan tersebut diserahkan secara simbolis Penjabat Bupati Bima Drs. H. Barcrudin  kepada Yogis (32) Bengkel Motor Sabua Nggahi warga Desa Tolouwi Kecamatan Monta berupa peralatan perbengkelan dan Nurnaningsih (40) Tenun “Tembe Nggoli” warga desa Timu Kecamatan Bolo berupa  Benang Tenun. (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.